Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya Sikap Saling Menghargai Dan Menghormati Dalam Kehidupan

Photo by Gerd Altmann /Pixabay

Pada jaman sekarang ini rasa saling hormat dan menghargai terhadap sesama semakin berkurang. Banyak penyebab yang mungkin menjadi penyebabnya diantaranya adalah karena kurangnya pendidikan tentang tata krama dan kepribadian, kurangnya rasa empati dan kurangnya kepekaan terhadap lingkungan sekitar. Banyak dari mereka hanya mau menuntut hak mereka untuk selalu dihormati dan dihargai dalam segala hal tetapi tidak melakukan sebaliknya kepada orang lain.

Dalam menjalani hidup ini pasti kita menemukan berbagai macam perbedaan, baik perbedaan cara pandang, prinsip, gaya hidup ataupun tujuan hidup. Setiap orang berhak mempunyai prinsip dan tujuan hidup sesuai dengan apa yang mereka pilih. Bagi sebagian orang yang memiliki prinsip yang kaku, selalu menganggap bahwa prinsip hidup yang mereka miliki adalah yang paling benar. Tidak jarang mereka selalu memaksakan prinsip atau kehendak mereka kepada orang lain.

Banyak orang yang menganggap dirinya paling berharga, paling penting dan paling benar di dunia ini karena kepintaran, kedudukan ataupun harta mereka. Kebanyakan dari mereka selalu ingin terlihat paling unggul diantara yang lain baik dalam pekerjaan maupun dalam pergaulan. Sehingga hal ini bisa merugikan orang lain yang seharusnya memiliki hak untuk berpendapat, serta untuk mengembangkan potensi yang mereka miliki.

Sebagai manusia kita memiliki kedudukan yang sama di dalam hukum, didalam mendapatkan pelayanan, kebebasan berpendapat, beragama, dan bersosialisasi dengan banyak orang. Karena negara sudah mengatur semua itu dalam pasal 28 UUD 1945. Jadi setiap orang berhak mengeluarkan pendapat, berkumpul, ataupun memgembangkan potensi pribadi dan lingkungannya tanpa dibatasi oleh tingkat pendidikan, jabatan ataupun kekayaaan. 

Sebagai contoh, misalkan anda adalah seorang yang lebih senior dikantor anda, ketika kantor anda mengadakan rapat dan meminta semua pegawainya untuk memberikan pendapat atas masalah yang sedang dihadapi. Ketika ada salah satu karyawan yang lebih muda memberikan pendapatnya dan pendapatnya diterima sedangkan pendapat anda belum bisa diterima. Anda merasa marah dan kesal karena pendapat yang lebih junior malah yang diterima dalam rapat. Dari hal ini bisa diambil pelajaran bahwa kita harus menghormati dan menghargai pendapat orang lain tanpa melihat latar belakang orang tersebut baik dari senior dan junior, jabatan, ras, agama dan lainnya. 

Setiap manusia memiliki pilihan dalam hidup mereka, baik dalam memilih pendidikan, pekerjaan, agama, pasangan dan tujuan hidup masing - masing. Pilihan orang yang satu dengan yang lain tidaklah sama, sehingga dibutuhkan sikap pengertian untuk dapat menghargai dan menghormati pilihan masing - masing orang, asalkan tidak melanggar norma dan hukum yang berlaku.

Dalam hidup bermasyarakat sikap menghargai dan menghormati privasi setiap orang sangatlah penting. Setiap orang memiliki hak untuk dihargai dan dihormati untuk masalah kehidupan pribadinya, sehingga orang lain tidak bisa mencampuri dalam hal pribadi. Jika anda bisa menghormati privasi orang lain, maka orang lain juga bisa menghargai privasi anda.

Perbedaan yang ada disekitar kita seperti perbedaan agama, ras, suku, budaya dan pola hidup dalam masyarakat adalah hal yang harus kita sikapi dengan cara menghormati dan menghargai perbedaan tersebut. Sehingga kehidupan yang aman dan damai pasti akan tercapai dalam lingkungan bermasyarakat.

Sikap saling menghargai dan menghormati juga tidak hanya diterapkan untuk junior ke senior saja. tetapi sebaliknya bagi yang sudah merasa senior pun harus menghargai dan menghormati kepada junior mereka. Hal inilah yang sering terjadi di dunia pekerjaan maupun pergaulan. 

Banyak yang sudah senior mungkin dalam pekerjaan merasa bahwa mereka sudah lama dan ahli dalam pekerjaannya, sehingga mereka merasa bahwa hanya mereka yang harus dihormati oleh junior mereka baik dalam berpendapat, memberikan kritik ataupun saran dalam pengambilan keputusan tanpa mereka melakukan hal yang sebaliknya. Padahal sebagai senior harusnya memberikan kesempatan dan menghormati junior mereka untuk ikut menyumbang ide atau pendapat yang mungkin bisa bermanfaat untuk kemajuan bersama.

Sikap saling meghargai dan menghormati inilah yang saat ini dibutuhkan dalam kehidupan bermasyarakat. Sehingga tidak ada lagi kesenjangan diantara senior dan junior, orang kaya dan orang miskin, pria dan wanita dan berbagai perbandingan - perbandingan lainnya yang bisa mengakibatnya hilangnya sikap saling menghormati dan menghargai antar sesama manusia. 

Berikut ini adalah keuntungan yang bisa kita dapat apabila kita memiliki sikap saling menghargai dan menghormati dalam hidup :

1. Ketika semua orang bisa menerapkan pola hidup saling menghargai dan menghormati dalam berbagai situasi kehidupan, seperti di lingkungan rumah, pergaulan dan pekerjaan, maka hidup akan menjadi lebih damai, tenteram dan terhindar dari berbagai masalah dalam pertemanan.

2. Tidak ada rasa iri hati dan perasaan ingin menang sendiri dalam  segala hal di dunia ini, karena kita bisa berbagi dengan orang lain.

3. Dengan menerapkan sikap saling menghormati dan menghargai antar sesama, maka kita dapat menjaga hubungan baik antar sesama dengan tidak menyakiti satu sama lainnya.

4. Jika kita mampu menghargai dan menghormati orang lain, pasti orang lain juga bisa melakukan hal yang kepada kita.


Posting Komentar untuk "Pentingnya Sikap Saling Menghargai Dan Menghormati Dalam Kehidupan"