Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghilangkan Rasa Malas Ketika Perasaan Itu Datang Dan Menghambat Kemajuan Diri Kita

Rasa malas pasti terkadang dialami oleh setiap orang di dunia ini. Malas untuk melakukan suatu aktifitas atau kegiatan yang harus kita selesaikan.  Malas untuk melakukan perubahan dalam hidup kita dan rasa malas lainnya yang datang dari diri masing - masing individu untuk melakukan sesuatu yang seharusnya diselesaikan.

by mohamed_hassan / pixabay

Rasa malas itu bisa datang  kapan saja dan juga bisa dialami oleh siapa saja. Rasa malas disebabkan oleh berbagai macam alasan.. Berikut ini adalah beberapa faktok penyebab rasa malas antara lain :

1. Adanya Masalah Yang Sedang Hadapi

Ketik seseorang sedang mengalami masalah berat, misalkan masalah yang menguras banyak pikiran dan membuat semangat hidup menjadi turun. Masalah itu akan semakin membuat orang tersebut akan selaku memikirkan dan mengingat akan masalah itu dan berdampak pada psikis orang tersebut. Sehingga menimbulkan dampak bagi orang tersebut seperti timbulnya rasa malas untuk hanya sekedar makan dan bahkan malas untuk berkumpul dengan teman dan saudara. Hal ini juga berdampak munculnya rasa malas untuk mencoba bangkit dan memulai hal yang baru atau melanjutkan pekerjaan yang harus segera diselesaikan karena pikirannya selalu terganggu dengan masalahnya tersebut.

2.  Sedang Sakit

Ketika kamu sedang mengalami sakit pasti aktifitas kamu terganggu untuk mengerjakan ataupun menyelesaikan pekerjaan kamu. Ketika kamu sakit pastinya fokus kamu adalah bagaimana caranya agar kamu dapat sembuh dari sakit dan bisa kembali sembuh seperti semula. Ketika kamu diharuskan menyelesaikan pekerjaan kamu saat kamu sakit tentunya rasa lelah dan malas itu datang karena pikiran dan fisik kamu sedang terganggu dan akhirnya pekerjaan yang harusnya selesai tepat waktu akan tertunda.

3. Takut Gagal

Ketika kamu memiliki keraguan di hati kamu akan kemampuan kamu untuk mencoba hal yang baru membuat kamu menjadi malas untuk mencoba. Karena ketika kamu menghadapi kegagalan dalam mencoba hal yang baru, membuat kamu merasa tidak percaya diri dan takut untuk mencobanya lagi karena takut akan mengalami kegagalan untuk yang kedua kalinya. Hal ini yang membuat rasa malas itu muncul dalam pikiran kamu.

Dan masih banyak hal - hal lain faktor penyebab rasa malas itu datang. Bagaimanakah cara mengatasi rasa malas itu, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dicoba untuk menghilangkan rasa malas, antara lain :

1. Tetapkan Target Dan Rencana Yang Akan Dicapai

Setiap orang memiliki target, rencana dan tujuan yang ingin dicapai dalam hidupnya masing - masing. Tentunya dalam menyusun target dan rencana yang akan dicapai disesuaikan dengan waktu dan kemampuan yang dimiliki. Karena jika kamu menyusun target dan rencana yang tidak realistis atau tidak sesuai dengan kemampuan kamu, maka kamu akan kewalahan dalam mencapainya dan malah akan membuat semangat dan motivasi kamu menjadi turun dalam menyelesaikan target dan rencana yang kamu ingin dicapai.

2.  Jangan Berpikiran Selalu Perfeksionis

Memenuhi dan mencapai hasil yang sempurna adalah dambaan dan impian setiap orang dalam menyelesaikan pekerjaannya. Jika hasil kerja yang dihasilkan sempurna adalah menjadi kepuasan tersendiri bagi seseorang atas hasil karya dan kerja kerasnya selama ini. Namun tidak jarang perfeksionis dalam pekerjaan menjadi sebuah tekanan bagi seseorang untuk mencapainya. Jika pekerjaan itu tidak mencapai hasil yang maksimal, maka bisa saja membuat motivasi dan semangat untuk mengerjakan pekerjaan itu menjadi turun dan akibatnya rasa malas untuk mengerjakan kembali pekerjaan itu. Oleh karena itu bekerjalah secara maksimal sesuai dengan kemampuan yang kita miliki.

3. Berteman dengan Orang - Orang yang Positif

Jika kita berteman dengan orang - orang yang mempunyai aura positif pasti bisa membantu kita dalam menjalani hidup. Ketika kita sedang berada di fase tidak bersemangat, maka merekalah yang memberikan kita inspirasi, motivasi  dan memberikan ide - ide cemerlang untuk terus berjuang dan berkarya memberikan hasil yang terbaik sesuai dengan kemampuan dan talenta kita. 

4. Makan Makanan Yang Sehat Dan Bergizi

Makanan sehat dan bergizi pastinya memberikan kita nutrisi yang berguna bagi tubuh dan otak kita. Sehingga kita bisa tetap sehat dan dapat berpikir dengan baik sehingga kita bisa menemukan banyak ide untuk melakukan berbagai pekerjaan tanpa terhalang sakit dan lain sebagainya. Dengan tubuh yang sehat pasti kita tidak ada alasan untuk menunda - nunda pekerjaan kita, dan pekerjaan akan selesai ssesuai dengan waktu yang telah di tetapkan.

5. Berolahraga Pagi Yang Teratur

Berolahraga di pagi hari selain menyehatkan badan juga memberi manfaat memberikan kebugaran badan, menyehatkan pikiran karena kita dapat menghirup udara pagi yang memberikan semangat dan udara yang bersih. Sehingga dapat mempengaruhi pikiran kita memjadi lebih fresh dan meningkatkan imun serta dapat membuat kita untuk tidak malas bangun pagi dan beraktifikas kembali.

Jadi marilah kita melawan rasa malas yang ada pada diri kita. Karena kemalasan yang kita hadapi akan menjadi musuh terbesar dalam hidup kita. Hal ini akan menghambat kemajuan dalam hidup kita. Karena kemalasan akan menghalangi kita untuk melangkah lebih jauh dan membuat kita sulit untuk mencapai tujuan yang kita inginkan.


Posting Komentar untuk "Cara Menghilangkan Rasa Malas Ketika Perasaan Itu Datang Dan Menghambat Kemajuan Diri Kita"