Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

APA RENCANA DAN RESOLUSI KAMU DI TAHUN BARU???

Halo sobat bagazzie, apa kabar semoga selalu diberikan kesehatan dan keberkahan dihari ini. Hari ini adalah hari pertama di tahun yang baru. Lalu apa ekspektasimu di tahu ini?. Sudahkah kamu mempunyai rencana dan harapan apa yang akan kamu lalukan dan apa yang kamu ingin capai dimasa tahun ini. tetep staytune di bagazzie channel.

photo byJeff Jacobs/Pixabay

Bagi kebanyakan orang mengawali tahun baru pastinya dengan berbagai rencana dan harapan yang tentunya lebih baik dari tahun sebelumnya. Banyak hal yang ingin dicapai yang belum terealisasi di tahun - tahun sebelumnya. Biasanya kamu sudah menyusun list kegiatan atau hal apa yang akan kamu lakukan ditahun baru ini.

Tentunya dalam menyusun rencana dan harapan yang ingin kamu capai disesuaikan dengan kemampuan yang kamu miliki. Sehingga kamu tidak terbebani dengan rencana dan resolusi yang kamu ingin lakukan ditahun baru.

Ada beberapa hal yang mungkin bisa menjadi acuan bagi kamu dalam menyusun rencana dan resolusi yang ingin kamu capai di tahun depan. Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa kamu ambil antara lain :

1.  Mengevalusai Atas Pencapaian Kamu di Tahun Sebelumnya

kamu harus mengingat kembali satu tahun kebelakang. apa hal yang sudah kamu lakukan dan dari semua rencana yang sudah kamu susun manakah diantaranya yang berhasi kamu capai atau malah gagal kamu capai karena sebab tertentu. dengan mengevaluasi semua hal itu, bisa menjadi suatu pembelajaran bagi kamu untuk menentukan metode apa yang bisa membuat kamu berhasil dalam mencapai ssesuatu hal yang sudah kamu rencanakan. Begitu pula rencana - rencana kamu yang mengalami kegagalan. Kamu bisa mencari apa penyebab dari hal yang kamu recanakan bisa tertunda ataupun menjadi gagal. Hal ini bisa menjadi pengalaman kamu untuk menjadi dasar evaluasi untuk menjadi lebih baik ditahun berikutnya. Sehingga kamu bisa meminimalisir akan terjadinya kegagalan dimasa depan.

2. Buat Resolusi Sederhana Untuk Jangka Pendek

Kebanyakan orang menuliskan banyak daftar rencana, harapan dan resolusi yang ingin dicapai dan dilakukan ditahun baru. Namun, tahukah kamu bahwa menulis banyak resolusi justru tidak hanya membuat kamu kehilangan fokus, namun juga merasa kewalahan untuk memenuhi 'daftar' tersebut. Untuk mengatasi hal tersebut, sebaikan kamu meyusun daftar rencana yang bisa kamu lakukan dalam jangka pendek, misal dalam waktu satu bulan kedepan.

Kamu dapat memulai dengan menentukan hal yang ingin dilakukan selama satu bulan ke depan hal - hal yang mungkin belum bisa kamu lakukan ditahun kemarin. Seperti jika kamu sebelumnya malas bangun pagi maka hal yang kamu lakukan adalah membiasakan bangun pagi setiap harinya. Dan mungkin ketika kamu bisa bangun pagi yang tadinya kamu malas untuk berolahraga mungkin kamu bisa melakukan hal positif seperti berolahraga dipagi hari seperti jalan kaki ataupun lari pagi. Kamu juga bisa melakukan kegiatan lain yang bermanfaat yang bisa menjadi resolusi yang dapat membantu hidup kamu menjadi lebih baik.

Selain resolusi sederhana di atas, jangan lupa untuk tetap mencatat rencana dan resolusi besar serta deadline hal - hal yang ingin kamu capai,  untuk dapat membantu kamu tetap fokus mencapai tujuanmu.

3.  Tetap Fokus Pada Tujuan

Ketika kamu merencanakan sesuatu hal tentunya kamu harus tetap fokus pada tujuan apa yang kamu ingin capai. misalkan, kamu ingin hidup sehat dengan bentuk badan yang proposional. Tentunya kamu harus melakukan berbagi usaha untuk mencapai tujuan kamu tersebut. Seperti makan makanan sehat, berolahraga setiap hari dan berpola hidup sehat lainnya. Jika kamu tetap berusaha untuk melakukan hal tersebut secara konsisten maka kamu akan mencapai apa yang menjadi tujuan hidup kamu. Kamu akan mendapatkan hasil kesehatan badan kamu yang selalu terjaga dan bonusnya adalah bentuk badan kamu yang menjadi proposional.

4. Jangan Malas Dan Menunda Untuk Melakukan Sesuatu

Hal yang menghambat kemajuan kita adalah kemalasan. Terkadang kita sudah merencanakan sesuatu hal untuk kita kerjakan, namun kita malas untuk memulai melakukan pekerjaan tersebut. Kita berusaha untuk menunda - nunda menyelesaikan pekerjaan itu. Kita menganggap bahwa masih ada hari esok untuk kita kerjakan, sehingga ada alasan kita untuk malas mengerjakan pekerjaan yang sudah kita rencanakan sesegera mungkin. Dalam hal ini sebenarnya kita rugi waktu, karena seharusnya kita bisa melakukan lebih banyak pekerjaan dalam tenggang waktu itu. Oleh karena itu jika kita merencanakan sesuatu hal hendaknya kita bisa melawan rasa malas tersebut dan jangan pernah menunda - nunda hal atau pekerjaan yang seharusnya bisa langsung kita kerjaan. Namun, akibat kita malas dan menunda - nundanya, sehingga merugikan diri kita sendiri. 

Mari kita susun rencana, harapan dan resolusi di tahun baru untuk jauh lebih baik dari tahun sebelumnya. Dan tentu saja dalam usaha kita dalam menggapai semua harapan kita, kita harus juga berdoa kepada Tuhan agar selalu dilancarkan dan diberi kemudahan dalam mencapainya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda....
Terimakasih. Happy New Year


Posting Komentar untuk "APA RENCANA DAN RESOLUSI KAMU DI TAHUN BARU???"