Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tetap Sehat Beraktivitas Saat Covid-19 Masih Mengintai

photo by tima miroshnichenko / pexels.com
Tidak terasa sudah hampir satu tahun, pandemi virus corona atau yang sering disebut dengan COVID-19 masih belum berakhir juga. Sedangkan kita dituntut untuk tetap produktif dan beraktivitas untuk bekerja untuk memenuhi semua kebutuhan hidup kita ditengah virus corona yang tidak tahu sampai kapan waktu berakhirnya.

Meskipun pemerintah sudah melakukan berbagai cara untuk mengurangi penyebaran COVID-19 di Indonesia, seperti dengan menerapkan peraturan PSBB ( Pembatasan Sosial Berskala Besar ) di beberapa daerah yang memiliki angka penyebaran COVId-19 yang tinggi, namun sampai saat ini kasus COVID-19 masih belum bisa dikendalikan malah semakin terus bertambah. Ada beberapa faktor penyebab meningkatnya kasus Covid-19 di Indonesia, antara lain yang pertama disebabkan kurangnya kesadaran dan kedisiplinan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan yang sudah dianjurkan oleh pemerintah. Kedua, masyarakat seiring berjalannya waktu sudah mulai lengah dan menganggap COVID-19 telah berlalu. Ketiga, masyarakat masih takut untuk tes, ketika merasa memiliki gejala - gejala yang menunjukkan COVID-19, karena ada stigma negatif di masyarakat kalau ada yang terkena COVID-19.

Ketika kita melakukan aktivitas di luar rumah seperti bekerja, ataupun membeli keperluan sehari - hari ditempat umum seperti pasar, mini market, mall, bank dan tempat umum lainnya, supaya kita bisa mencegah atau meminimalisir tertular virus COVID-19,  maka kita wajib menerapkan protokol kesehatan. Dengan menerapkan protokol kesehatan di tempat umum seperti menjaga jarak minimal 1 meter dari orang lain, selalu menggunakan masker dan membawa handsanitizer atau mencuci tangan dengan menggunakan sabun untuk menjaga kebersihan tangan setelah menyentuh barang ditempat umum, sangat penting bagi kita untuk mencegah tertular COVID-19.

Bagi anda yang menggunakan transportasi umum untuk menuju ke tempat kerja ataupun untuk pergi ke pasar ataupun tempat umum lainnya sangat beresiko tertular COVID-19, karena banyak kontak langsung dengan berbagai macam orang yang datang dari berbagai tempat dan memiliki  kondisi kesehatan yang berbeda - beda. Disamping itu tempat duduk yang mungkin kurang dijamin kebersihannya, karena digunakan oleh banyak orang secara bergantian. Dan jarak yang sangat dekat antara tempat duduk satu dengan yang lain, sehingga penularan virus akan lebih mudah. Diperlukan kesehatan yang prima ketika anda akan menggunakan transportasi umum, agar anda tidak mudah tertular virus dari orang - orang yang ada disekitarnya.

Dengan semakin berkembangnya cluster baru virus corona harus membuat kita untuk lebih berhati - hati dan jangan pernah lengah dan menganggap bahwa virus ini sudah hilang. Banyak orang yang kelihatan sehat tetapi sebenarnya masuk dalam golongan orang tanpa gejala (OTG) sehingga kita tidak tahu mana orang yang benar - benar sehat atau tergolong OTG.

Hal yang harus kita lakukan adalah menjaga daya tahan tubuh kita agar selalu sehat, dengan mengkonsumsi suplemen atau vitamin setiap hari. Selain itu sering mengkonsumsi minuman hangat, seperti teh, susu, jahe ataupun membuat minuman hangat dari temulawak, sereh ataupun berbagai jenis wedang hangat yang bisa dibuat di rumah untuk meningkatkan stamina tubuh. Hindarilah minuman dingin seperti es untuk menjaga daya tahan tubuh anda. Matikan AC diruangan anda karena virus lebih suka diruangan yang lembab, sebagai gantinya anda bisa membuka semua jendela agar udara masuk dan merasakan udara segar dari luar.

Selalu mengganti pakaian setelah anda pulang beraktivitas di luar rumah. Kemudian segeralah memcucinya agar virus dan bakteri yang menempel pada pakaian anda tidak menyebar di tempat manapun. Membilas rambut dengan air yang mengalir untuk menghilangkan virus dan kumat yang menempel dikepala dan rambut anda. Konsumsi makanan yang bergizi yang mengandung serat, protein dan karbohidrat agar tidak cepat terkena virus dan penyakit. Rajin berolahraga setiap hari selama beberapa menit agar kondisi badan anda selalu prima. Dan pastinya tetap menerapkan protokol kesehatan dimanapun anda berada baik dirumah maupun diluar rumah. Karena virus bisa menyebar dan mengintai kita dimana saja. 

Dengan menerapkan pola hidup yang sehat dalam kehidupan sehari - hari baik dalam memilih makanan dan gaya hidup serta pastinya dengan tidak lupa untuk menerapkan protokol kesehatan yang tepat, diharapkan dapat meminimalisir kita untuk tertular virus corona. Jika kita konsekuen dan disiplin menerapkan pola hidup sehat, maka kita akan tetap sehat dan bisa beraktivitas dengan lancar walaupun COVID-19 masih mengintai kita.

Salam Sehat Beraktivitas...................
 

Posting Komentar untuk "Tetap Sehat Beraktivitas Saat Covid-19 Masih Mengintai"