Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Cara Agar Tetap Tenang Ketika Dihadapkan Dalam Sebuah Masalah

Pixabay.com


Setiap manusia di dunia ini pasti memiliki masalah atau kendala dalam hidupnya. Masalah yang dihadapi ada berbagai hal baik masalah yang kecil ataupun masalah yang berat. Masalah itu bisa datang dari dalam keluarga, lingkungan tempat tinggal ataupun dari tempat kerja. Berbagai masalah yang datang bisa membuat orang menjadi tidak tenang dalam menjalani kehidupannya. 

Masalah yang dihadapi jutaan orang di dunia ini pasti berbeda - beda. Namun mereka akan melakukan berbagai hal agar masalah yang dihadapi dapat segera diatasi dengan cepat. Sehingga pikiran dan hidup mereka menjadi tenang dengan tidak terbebani dengan berbagai masalah yang datang. 

Tidak semua orang yang bisa sabar, kuat, dan tenang dalam menghadapi berbagai masalah hidup yang dihadapi. Terkadang masalah yang datang itu tidak hanya satu masalah saja, tetapi terkadang bersamaan dengan munculnya masalah yang lain atau datang secara bertubi - tubi. Hal inilah yang menjadi ujian bagi setiap manusia khususnya berkaitan dengan kesiapan mental untuk dapat menghadapi dan mencari solusi atas masalah yang dihadapi. 

Masalah berat yang harus dihadapi seseorang, sedikit banyaknya mempengaruhi tingkat emosi dan ketenangan dalam kehidupannya. Bagi yang tidak memiliki ketahanan mental dan keimanan yang kuat, mereka tidak jarang mengambil jalan pintas yang salah untuk menghindari atau menyelesaikan masalah yang sedang mereka hadapi. Karena mereka menganggap bahwa mereka sudah tidak menemukan solusi yang tepat atas masalahnya.

Namun berbeda dengan orang yang memiliki ketahan mental dan memiliki keimanan yang kuat, dalam menyikapi masalah yang mereka hadapi sebagai ujian yang harus dilewati dan dicari pemecahan atau solusi atas masalah tersebut. Jika mereka mampu melewati masalah yang sedang dihadapi, maka mereka menganggap bahwa mereka sudah naik level ke tingkat yang selanjutnya. Sehingga masalah yang sudah teratasi menjadi sebuah pelajaran untuk solusi atas masalah yang mungkin bisa saja terjadi dikemudian hari, atau untuk berbagi pengalaman apabila ada orang -  orang terdekat mengalami masalah yang sama.

Berikut ini adalah beberapa cara agar kita tetap tenang ketika kita menghadapi sebuah masalah dalam hidup :

1. Menganggap bahwa masalah yang datang adalah ujian dari Tuhan agar kita menjadi manusia yang lebih baik

Ketika masalah yang datang kepada kita, anggaplah bahwa Tuhan sedang menguji kita, kita akan diangkat levelnya ke tingkat yang lebih tinggi. Yakinlah bahwa kita mampu melalui ujian itu dengan mudah. Sehingga ujian hidup yang terasa berat tidak kita terlalu berat, sehingga kita mampu melaluinya dan mendapat pelajaran atas semua yang terjadi dan diambil dari segi positifnya.

2. Selalu berserah kepada Tuhan atas segala masalah yang menimpa kita

Ketika kita menghadapi masalah yang berat dalam hidup, tentu saja hidup kita menjadi tidak tenang. Pikiran kitapun akan terbagi bagi antara urusan keluarga, pekerjaan dan masalah yang kita hadapi. Hal ini membuat kita menjadi putus asa. 

Namun hal yang harus kita tanamkan dalam hati adalah kita tidaklah sendirian, kita masih punya Tuhan, dengan lebih mendekatkan diri kepada Tuhan kita akan yakin bahwa segala masalah yang kita hadapi pasti ada jalan keluarnya dan Tuhan akan selalu membantu kita untuk bisa mewati semua masalah ini. Sehingga kita akan lebih tenang dalam menjalani kehidupan kita selanjutnya.

3. Berbagi kepada orang yang bisa dipercaya

Saat masalah berat datang kepada kita, terkadang pikiran dan otak kita tidak mampu berpikir jernih. Sehingga kita tidak tahu apa yang harus dilakukan untuk memecahkan masalah tersebur. Sebagai manusia tentunya kita butuh berbagi perasaan ataupun segala hal yang kita rasakan. Ketika kita menghadapi masalah yang berat, terkadang kita tidak mampu menyimpannya sendiri dan pasti butuh orang lain untuk tempat berbagi.

Meskipun tidak semua orang bisa kita ajak berbagi, paling tidak ada seseorang yang kita percaya yang mau mendengar dan memberikan saran, solusi atas masalah yang kita hadapi. Disinilah pentingnya peran keluarga ataupun sahabat yang mampy memberikan dukungan, doa dan saran agar kita mampu bertahan dan mampu menemukan solusu atas masalah yang kita hadapi.

Mulailah berpikir bahwa disetiap masalah yang kita hadapi pasti ada jalan dan solusi untuk memecahkan semua masalah tersebut. Ketika kita mampu melewati masalah yang berat maka anggaplah bahwa kita sedang ujian untuk naik tingkat yang lebih tinggi. Tetaplah menyerahkan segala hal yang terjadi dalam hidup ini kepada Tuhan dengan tetap berusaha sesuai dengan kemampuan kita.

Posting Komentar untuk "Bagaimana Cara Agar Tetap Tenang Ketika Dihadapkan Dalam Sebuah Masalah "