Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hidup Ini Adalah Sebuah Pilihan Yang Harus Dijalani

Hidup adalah sebuah pilihan bagi setiap orang. Setiap orang yang hidup di dunia ini berhak untuk menentukan pilihan hidup mereka, kemana arah dan tujuan hidup akan mereka bawa. Antara orang yang satu dengan lainnya tidaklah sama dalam menentukan pilihan hidupnya.

Pixabay.com


Ada banyak pilihan hidup yang bisa diambil oleh setiap orang dalam menjalani kehidupannya. Antara lain memilih dalam hal sekolah, pekerjaan, pasangan, status, pakaian, makanan, gaya hidup, memilih barang - barang dan lain sebagainya.

Sebagai makhluk yang diberikan akal dan pikiran, manusia harus bisa menentuan pilihan hidup yang terbaik sebagai arah dan tujuan dalam menjalani kehidupan ini. Tentunya pilihan hidup yang dipilih haruslah bisa dipertangunggjawabkan untuk dirinya sendiri dan orang - orang yang ada disekitarnya.

Sebagai contoh, ketika anda menentukan pilihan sekolah yang akan anda masuki. Anda akan berpikir sekolah mana yang cocok atau sesuai dengan keinginan dan minat anda baik dari jurusan maupun kualitas dari sekolah tersebut apakah sekolah yang biasa - biasa saja atau sekolah yang paling bagus.

Ketika anda sudah menentukan pilihan sekolah yang akan anda masuki,  tentunya akan menentukan pilihan hidup anda selanjutnya. Apakah anda akan melanjutkan ke jenjang berikutnya yaitu perkuliahan atau anda memutuskan untuk memilih langsung mencari pekerjaan, menjadi wiraswasta atau lebih memilih mengikuti kursus atau pelatihan. 

Ataupun misalkan dalam memilih pekerjaan, anda harus bekerja tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan yang anda miliki. Sebagai contoh anda berlatar belakang sebagai seorang guru, namun anda melamar pekerjaan misalkan di perusahaan swasta yang mempersyaratkan lulusan sarjana dari semua jurusan. Dan anda ternyata diterima dan anda sangat menikmati pekerjaan tersebut, itupun adalah sebuah pilihan hidup yang anda jalani.

Contoh lainnya, misalkan anda adalah lulusan sarjana pendidikan, dan anda juga memiliki jiwa yang suka tantangan dan bersifat sosial. Ketika ada lowongan untuk menjadi guru di daerah terpencil, dan anda beranikan diri untuk melamar dan akhirnya anda diterima. Anda tahu bahwa anda akan ditempatkan di daerah yang terpencil yang jauh dari kota dengan medan yang berat dan minim fasilitas. Namun anda tetap bersemangat untuk tetap melanjutkan tujuan anda demi kemajuan pendidikan di daerah tersebut. Itu merupakan pilihan hidup anda sesuai dengan pilihan anda sendiri yang memiliki dampak positif di dunia pendidikan.

Begitu juga dalam menjalani kehidupan sehari - hari. Apakah anda memilih untuk bergaya hidup sehat dengan makan - makanan yang sehat dan bergizi, giat berolahraga dan selalu berikiran positif itu akan membantu menciptakan kenyamanan dan kebahagiaan dalam hidup anda, karena semua itu adalah pilihan.

Pilihan hidup masing - masing orang pastinya tidak selalu sama, berbeda satu dengan lainnya. Ada orang yang nyaman ketika berada disuasana yang sepi atau berkepribadian tertutup, dan ada juga yang sebaliknya mereka lebih suka disuasana yang ramai atau berkumpul dengan keluarga atau teman. Semua itu juga merupakan pilihan masing - masing individu.

Setiap orang berhak menentukan pilihan hidup masing - masing. Karena pilihan hidup yang dipilih adalah berasal dari hati nurani dan juga akal dan pikiran. Pilihan hidup yang dipilih adalah hal yang terbaik untuk masa depan mereka. Tetapi pilihan hidup yang mereka pilih haruslah mereka pertanggungjawabkan kepada Tuhan, diri mereka sendiri dan orang - orang disekitar, apakah memberikan dampak positif atau negatif.

Setiap orang harus menghormati pilihan hidup masing - masing orang, selama tidak merugikan orang lain. Karena dengan menentuan pilihan hidup, semua hal yang anda pilih dan anda jalani akan menentukan kemana arah dan langkah apa yang harus anda lakukan mulai dari sekarang hingga kedepannya. Jadi hati - hatilah dalam menentukan pilihan hidup anda kedepan. Pikirlah dampak positif dan negatif yang juga berpengaruh pada diri anda dan lingkungan sekitar.


Posting Komentar untuk "Hidup Ini Adalah Sebuah Pilihan Yang Harus Dijalani"