Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nikmatnya Soto Ayam "Selera" Bang Surip Pemalang

Soto Ayam "Selera" Bang Surip Photo by bagazz

Soto adalah salah satu makanan khas yang banyak dijumpai di Indonesia. Berbagai jenis soto bisa kita jumpai mulai dari soto yang berkuah bening, santan maupun berbumbu tauco. Jenis  bahan dasar untuk membuat sotopun beraneka macam macam, ada soto ayam, soto daging dan soto babat.

Kabupaten Pemalang adalah satu kabupaten di Provinsi Jawa tengah yang berada dibagian barat, yang berbatasan dengan Kabupaten Tegal disebelah baratnya, dan Kabupaten Pekalongan disebelah timurnya. Kabupaten Pemalang memiliki banyak makanan khas seperti Nasi Grombyang, Lontong Dekem, Sate Loso dan beberapa makanan khas lainnya. 

Warung Soto Ayam "Selera" Bang Surip Photo By Bagazz

Salah satunya yang juga menjadi makanan khas Pemalang yang tidak kalah lezatnya adalah Soto Ayam Tauco "Selera" Bang Surip. Jika anda mampir ke kabupaten Pemalang, tidak ada salahnya jika anda bisa menikmati sensasi rasa soto ayam yang terkenal di Pemalang yang letaknya di sekitar  selatan alun - alun kabupaten Pemalang. Tepatnya yaitu berada di Jl. A.yani Pemalang, yang berjualan di depan eks toserba Moro dengan nama Soto Ayam "Selera" Bang Surip.

Soto ini adalah soto ayam dengan bahan ayam kampung disajikan dengan bumbu santan dan tauco. Disajikan dengan taburan kerupuk mie yang diremas menjadi potongan kecil dan juga taburan tulang ayam yang digoreng kering sehingga terasa kriuk renyah kalau dimakan. Bahan lain sebagai campurannya antara lain, potongan daging ayam yang sudah disuwir, tauge, daun bawang, dan bawang goreng sebagai taburannya.

Warung soto ini mulai buka antara pukul 15.30 WIB sampai dengan malam hari. Tempatnya luas karena berada di depan parkiran bangunan bekas toseba Moro yang sudah lama tidak digunakan, anda bisa memilih duduk dikursi atau duduk dengan lesehan. Anda juga bisa membungkus untuk dibawa pulang dan menikmatinya dirumah.

Soto Ayam "Selera' Bang Surip Photo By Bagazz

Soto ayam ini biasanya disajikan dengan sate dengan kuah kuning, dengan banyak pilihan seperti sate daging ayam saja, sate jeroan, sate telur, atau sate campuran daging, telur dan jeroan. Dalam penyajiannya anda bisa memilih menggunakan lontong atau nasi untuk dinikmati bersama kuah soto ayam dan bumbu tauco ini. Dan untuk menambah nikmatnya soto ayam ini biasanya disajikan dengan sambal ijo.

Untuk menikmati satu porsi soto ayam ini, anda bisa merogoh kocek untuk semangkok soto ayam dengan harga Rp 15.000, dan satu tusuk sate dengan harga Rp. 6.000,- cukup terjangkau bukan. Untuk cara penyajiannya yaitu masukkan irisan lontong atau nasi putih kedalam mangkok, kemudian, msukkan potongan daging ayam, tauge, daun bawang, kemudian siram dengan kuah soto, tambahkan tauco dan taburi dengan kriuk ayam dan krupuk mie serta terakhir taburi dengan bawang goreng. Anda juga bisa memesan terpisah lontong atau nasinya dengan kuah sotonya.

Rasanya yang gurih, serta campuran kuah santan dan tauconya membuat soto ini semakin lezat. Ditambah dengan kriuk dari tulang ayam yang digoreng kering serta taburan krupuk mienya membuat makanan ini sangat enak untuk dinikmati. Anda mungkin bisa nambah lebih dari satu mangkok, jika sudah merasakan sensasi gurihnya soto ayam selera ini.

Bagi yang suka tauco maka bisa menambahkan kuah tauconya kedalam mangkok dan bagi yang suka pedas bisa menambahkan sambel ijonya sesuai selera. Makanan ini sangat enak dimakan selagi hangat dengan ditemani segelas teh hangat. Warung soto ayam "Selera "Bang surip juga menerima pesanan untuk acara keluarga , arisan ataupun hajatan. Saat weekend tiba biasanya warung ini sangat penuh dikunjungi pengunjung yang ingin menikmati sensasi lezatnya soto ayam ini ditempat. Jadi bagi yang ingin merasakan nikmatnya soto ayam tauco ini datanglah lebih awal.

Bagi anda yang tidak sengaja melewati alun - laun  Pemalang, mampirlah ke warung soto ayam "Selera" Bang Surip untuk mencicipi nikmatnya soto ayam tauco khas Pemalang.

Posting Komentar untuk "Nikmatnya Soto Ayam "Selera" Bang Surip Pemalang"