Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya Menjadi Diri Sendiri

Setiap orang mempunyai karakter dan kepribadian masing - masing yang tidak sama satu dengan yang lainnya. Namun dalam dunia ini terkadang baik di dalam lingkungan keluarga, pergaulan dalam masyarakat ataupun dalam hal pekerjaan orang mencoba untuk menjadi orang lain atau tidak menjadi diri sendiri hanya untuk diterima dalam sebuah komunitas ataupun untuk mendapatkan pekerjaan yang mudah untuk mendapatkan uang. Menjadi diri sendiri tidaklah mudah, butuh keberanian dan niat untuk mengerjakan sesuatu sesuai dengan apa yang kita inginkan, kita yakini dan kita rasakan, bukan karena orang lain atau karena suatu hal.

Photo by unsplash.com/annie spratt

Dalam menjalani hidup ini kita perlu memiliki identitas dan karakter diri. Itu penting agar dalam mengerjakan sesuatu hal atau dalam menentukan pilihan jalan hidup kita tidak serta merta mengikuti atau terpengaruh oleh prinsip orang lain. Karena dengan memiliki karakter dan identitas diri yang jelas kita akan lebih mudah mengetahui apa yang sebenarnya tujuan yang akan kita ingin capai. Disamping itu dengan menjadi diri sendiri kita lebih tau apa yang lebih baik untuk kita sendiri berdasarkan kekurangan dan kelebihan yang kita miliki.

Sebagai contoh didalam lingkungan keluarga, anda tinggal bersama dengan orang tua anda. Ketika anda masih kecil dari TK, SD mungkin sampai dengan tingkat SMA anda pasti diarahkan orang tua untuk bersekolah ditempat yang orang tua anda pilih. Mereka pasti memilihkan sekolah yang terbaik untuk anda, dengan tujuan agar anda mendapat pendidikan yang tepat dan lingkungan yang tepat. Pada waktu anda memasuki perguruan tinggi anda akan dihadapkan dengan banyak pilihan dan terkadang orang tua anda menginginkan anda untuk masuk ke perguruan tinggi yang diinginkan orang tua anda untuk nantinya menjadi seseorang yang orang tua anda cita citakan, misalkan menjadi seorang dokter. Tetapi ternyata anda ingin menjadi seorang guru, nah inilah salah satu hal yang menentukan apakah anda akan menuruti keinginan diri sendiri atau menuruti keinginan orang tua anda. Anda harus tau apa sih tujuan hidup anda kedepan dan apa bakat anda untuk menentukan pilihan anda. Jangan sampai anda menyesal dengan menuruti keinginan orang lain dengan terpaksa namun pada akhirnya anda tidak nyaman atau tidak dapat melaksanakannya dengan sepenuh hati.

Menjadi diri sendiri sangatlah penting dimana anda akan mengetahui apa kelebihan diri anda yang harus anda gali atau keluarkan dan anda manfaatkan. Ketika lingkungan sekitar anda melakukan hal yang mereka anggap wajar dan anda tidak nyaman dengan apa yang mereka lakukan dan anda memilih untuk tidak melakukannya maka anda sudah menjadi diri anda sendiri, dengan tidak terpengaruh dengan orang lain.

Menjadi diri sendiri membutuhkan keberanian dan tekat yang bulat. Menjadi diri sendiri juga membutuhkan kepercayaan yang tinggi akan kemampuan, dan potensi yang ada pada diri kita sendiri. Terkadang orang malu akan kekurangan yang ada pada diri mereka sendiri. Sehingga tidak jarang mereka berusaha menjadi seperti orang lain agar diterima dalam pergaulan ataupun dalam komunitas tertentu.

Ketika anda ingin menjadi diri sendiri, mulai kenalilah kelebihan dan kekurangan diri anda mulai dari sekarang. Jika anda sudah mengenali apa yang menjadi kekurangan pada diri anda, anda tidak akan selalu sakit hati jika anda dibanding bandingkan dengan orang lain. Anda akan lebih mudah menjalani hidup anda tanpa takut akan kekurangan yang ada pada diri anda. Karena anda percaya bahwa tidak ada manusia yang sempurna didunia ini. Pasti dibalik kekurangan anda, ada kelebihan pada diri anda yang harus anda tekuni.

Anda tidak akan takut untuk tidak mengikuti tren pasar yang sedang trending karena memang itu tidak sesuai dengan hati anda. Anda yakin pada pilihan dan diri anda dimana anda lebih suka dalam menjalankan baik itu pekerjaan, bisnis, music yang sesuai dengan bidang atau minat yang anda sukai. Karena anda yakin bahwa setiap bidang pekerjaan atau apapun yang anda kerjakan sudah ada pasarnya masing - masing. Jadi anda tidak takut untuk menjadi berbeda atau tidak sama dengan orang lain yang mungkin lebih memilih market yang sedang viral pada saatnya.

Jadi jangan takut untuk menjadi diri sendiri. Fokuslah pada hal ataupun pekerjaan yang anda sukai. Karena hanya diri andalah yang tau apa tujuan dan keinginan anda sebenarnya. Jangan takut untuk berbeda dan jangan takut akan kekurangan diri anda. Percayalah pada bakat dan kemampuan yang anda miliki. 

1 komentar untuk "Pentingnya Menjadi Diri Sendiri"